57

Kalteng Putra Vs PSIS Jalan Terus Saat Kabut Asap, Ahli: Berbahaya!

Duel Kalteng Putra dan PSIS Semarang di Palangkaraya dalam lanjutan Liga 1 2019 disorot. Kedua klub bertanding saat kualitas udara dalam kategori berbahaya.

Kalteng Putra menjamu PSIS di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Selasa (24/9) sejak pukul 15.30 WIB. Pagi tadi, dilaporkan Air Quality Index (AQI), indeks yang digunakan AirVisual untuk menggambarkan tingkat polusi udara di suatu daerah, menyatakan Palangkaraya berada di angka 374, yang masuk rentang berbahaya.

Kabut asap di Palangkara awet hingga menjelang pertandingan bergulir. Sempat menjadi bahasan dalam manager meeting tadi malam, pertandingan diputuskan tetap berjalan. Rapat darurat menjelang laga juga memutuskan jalan terus.

“Mau bicara atlet atau masyarakat yang berada pada AQI di atas 300, kualitas udara sudah berbahaya dan rekomendasinya adalah tidak melakukan aktivitas berat di luar ruangan. Harusnya, idealnya tidak bertanding,” kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP (K), FISR, FAPSR, yang ditemui detikSport.

“Partikel-partikel berbahaya itu, bukan hanya pertandingan, tapi juga pekerja kasar atau angkat berat membutuhkan frekuensi napas yang tinggi, Oksigen yang banyak, kalau udaranya kotor, mengandung banyak berbahaya dampaknya akan lebih cepat muncul ketimbang yang tidak beraktivitas berat,” ujar dia.

“Dampaknya mulai dari batuk, batuk berdahak, bisa sesak napas, komponen oksigen menurun, aktivitas berat butuh oksigen banyak. Dia bisa pingsan. Tidak ada lain rekomendasinya jangan bertanding,” Agus menegaskan. Agen Sbobet Indolucky7.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *